PostHeaderIcon Normalkan Level Volume File MP3 dengan MP3Gain v1.2.5

Seringkali kita dibuat "repot" dengan menaikkan/menurunkan level volume aplikasi pemutar file multimedia yang memainkan beberapa file MP3 dengan level volume yang tidak sama, atau bahkan dengan perbedaan level volume yang sangat ekstrim. Itu terjadi karena pada saat proses recording / encoding, volumenya tidak diatur terlebih dahulu. Apakah kita harus merekam / mengkode ulang file tersebut agar volumenya hampir sama dengan file-file audio lainnya? Tentu tidak, karena akan lebih merepotkan lagi kalau sumbernya sudah tidak ada! Cara terbaik yang dapat dilakukan adalah dengan mengatur ulang level volumenya ke level normal.

Pertanyaan yang mungkin akan muncul adalah, apakah kualitas suaranya tidak akan berubah setelah di-normalisasi? Dengan MP3Gain, tidak ada penurunan kualitas audio karena MP3Gain menata-ulang level volume file-file MP3 secara langsung, tanpa decoding dan re-encoding.

Cara penggunaan:
  • Pertama, klik tombol "Files" untuk menambahkan file yang akan dinormalkan volumenya, atau klik tombol "Folder" jika ingin menambahkan sejumlah file dalam folder tertentu.
  • Tentukan Target "Normal" Volume sesuai keinginan teman-teman. Nilai normalnya adalah 89,0dB.
  • Tekan tombol "Track" untuk menganalisa seberapa tinggi level volume file MP3 yang ada sekarang. Jika lebih rendah (dari nilai target yang telah ditentukan), maka akan dinaikkan nilai desibel-nya. Jika terlalu tinggi (dari nilai target yang telah ditentukan), maka akan diturunkan nilai desibel-nya secara otomatis.
  • Dan yang terakhir, tekan tombol "Track" untuk menetapkan level volumenya.
Keuntungan lain yang didapat dari program MP3Gain adalah, teman-teman dapat menaikkan volume file MP3 tertentu yang memang ingin "dikeraskan" suaranya dengan menaikkan nilai desibel-nya ke level yang lebih tinggi dari nilai normal, misalnya 120dB.

Semoga bermanfaat!

0  :

Posting Komentar

Advertisement

Blog Lists