PostHeaderIcon Menjadikan PC/Laptop sebagai HotSpot WiFi tanpa Router

Hampir semua pengguna internet pernah ber-internet ria via wifi kantor, cafe, bandara, dsb. Tetapi pernahkah kita berpikir untuk menjadi penyedia layanan wifi dengan biaya yang sangat minim, misalnya dengan modal PC/Laptop dan modem USB? Apakah itu bisa terwujud? Apakah kita bisa menjadikan PC/Laptop sebagai hotspot wifi tanpa router? Karena syarat utama agar bisa membuat jaringan seperti itu adalah tersedianya perangkat router.

Sungguh sangat merepotkan jika kita yang sedang terhubung ke internet menggunakan modem USB, tiba-tiba ada teman yang juga ingin mengakses internet, sementara modem yang tersedia cuma satu. Solusinya adalah berbagi-pakai (share) agar tidak ada yang harus memutuskan koneksi jika ada pengguna lain yang juga ingin terhubung ke internet. Dan jika itu dikembangkan lebih lanjut, kita bisa memanfaatkan koneksi bagi-pakai tersebut ke perangkat-perangkat lain yang menggunakan perangkat wifi, seperti ponsel ataupun tablet.

Persoalan yang pernah saya alami adalah ketika hendak menghubungkan perangkat android ke wifi laptop. Berkali-kali saya coba menghubungkannya, tetapi perangkat android tetap gagal menemukan wifi  laptop. Akan tetapi jika sebaliknya, justru tidak ada kendala sama sekali jika perangkat android yang dijadikan sebagai  wifi router (tethering). Dan dari sekian kali kegagalan uji koneksi tersebut, akhirnya saya pun istirahat  beberapa saat (baca: hampir menyerah!), tetapi masih tetap penasaran!... hehe

Saya berpikir begini, jika perangkat lain yang mempunyai fasilitas wifi bisa terhubung ke  wifi  laptop seperti tablet atau smartphone, maka saya bisa berhemat. Dan yang lebih penting lagi, saya tidak usah menunggu lama jika men-download atau mengupdate program-programnya, ataupun jika sedang browsing internet via tablet atau smartphone, karena koneksi internet laptop saya jauh lebih stabil daripada koneksi internet perangkat-perangkat tersebut yang menggunakan paket-paket internet tertentu, yang katanya unlimited, tetapi pada kenyataannya, very very limited!

Setelah sekian lama istirahat dari percobaan-percobaan yang hampir membuat putus asa tersebut, akhirnya, tanpa saya duga, saya temukan caranya, walaupun saat itu saya tidak sedang mengkhususkan pencarian di internet untuk masalah tersebut. Dan jawabannya adalah sebuah aplikasi yang bernama WiFi HotSpot Creator!

Dengan program  WiFi HotSpot Creator, teman-teman tidak usah mengeluarkan biaya untuk membeli perangkat  wifi  router jika ingin berbagi-pakai koneksi internet via  wifi . Cukup dengan memasang aplikasi ini, maka perangkat  wifi kita seolah-olah telah memiliki sebuah router. Tetapi syarat utamanya adalah, PC/Laptop harus punya perangkat WiFi!


Ingin tahu caranya? Ikuti langkah-langkah berikut ini!
  • Hubungkan PC/Laptop ke internet.
  • Download WiFi HotSpot Creator hingga selesai.
  • Jalankan file WiFiHotSpotCreatorSetup.exe. Ingat, koneksi internet tidak boleh terputus karena instalasi ini adalah instalasi online.
  • Setelah instalasinya sempurna, nyalakan perangkat wifi jika wifi dalam kondisi OFF (disabled). Jalankan programnya, maka di layar akan tampak gambar seperti ini:
  • Tentukan WiFi Name (SSID), Password, Network Card (yang sekarang terhubung ke internet), dan Max. Guest (jumlah maksimal pemakai yang diperbolehkan untuk menggunakannya).
  • Setelah semua persyaratannya terpenuhi, sekarang klik tombol "Start".
  • Jika berhasil, maka di layar akan tampak gambar seperti ini:
  • Sekarang aktifkan wifi perangkat lain seperti ponsel atau tablet, cari hotspot yang telah dibuat, lalu coba hubungkan.
Nama WiFi, Password, dan Max Guests diisi sendiri oleh pengguna. Yang ada pada gambar di atas hanyalah contoh. Sedangkan untuk Network Card, klik combo-box (tombol panah di bagian kanan) lalu pilih perangkat yang terhubung ke internet.
File size: 1.55MB

Hardware Requirements:
  • PC w/ Pentium 4 or above
  • PC w/ 512 MB of RAM or above
  • 20 MB free space
  • Compatible Wireless Card
Software Requirements:
  • Windows 7 or above
  • .NET Framework 4
Penting!!!
1. Teman-teman sebaiknya membaca tutorial singkat ini serta komentar-komentar yang ada di bawahnya hingga selesai, sehingga tidak muncul pertanyaan yang seharusnya tidak perlu lagi dipertanyakan. Contoh, kenapa tidak dapat berjalan pada Windows XP? Karena OS yang mendukung WHC hanya Windows 7 ke atas. Lihat "Software Requirements:".
2. Adanya trouble pada koneksi WHC, itu lebih disebabkan oleh ketidakstabilan OS yang teman-teman miliki. Bisa jadi oleh virus/malware dan sejenisnya, saya pun pernah mengalami trouble tersebut ketika ada malware yang menyusup ke OS saya. Pastikan bahwa OS yang terpasang pada PC/Laptop teman-teman sekarang ini betul-betul steril dari virus/malware dan sejenisnya.
3. Download driver wireless dari situs resminya, dan pastikan bahwa driver wireless sudah terpasang dengan baik dan benar. Untuk memastikan bahwa driver sudah terpasang dengan benar, hubungkan PC/laptop teman-teman dengan hotspot wifi yang sesungguhnya, misalnya wifi di kantor, sekolah, mall, dll. Jika bisa terhubung, berarti driver perangkat wireless sudah terpasang dengan baik dan benar.
4. Level akun user windows harus sebagai "Administrator", bukan "Standard user".


Semoga bermanfaat!

99  :

Admin mengatakan...

baru update lagi masbro... tutorial yg sangat bermanfaat..
salam : paceko

Unknown mengatakan...

network card nya kosong gan (none) ga bisa start. gimana tuh?

Unknown mengatakan...

@seni rupa: makasih gan.
@agusrin sampurna: Syaratnya:
1. pc harus terhubung ke internet sebelum aplikasi ini dijalankan
2. kalau network cardnya tetap tidak mau tampil, coba restart pc agan lalu jalankan kembali aplikasinya.

Indra Ajie mengatakan...

wifi name, password, network card, max guests sudah saya isi semua, pc sudah saya reboot, wifi sudah saya aktifkan, internet juga jalan, tapi eror. muncul dialog --> "there was a problem starting the connection"

tolong bantu min. tx

Unknown mengatakan...

@Indra Ajie: urutan prosedur sebelum aplikasi hotspotcreator dijalankan:
1. sudah terhubung ke internet.
2. wifi aktif.
sesudah itu baru jalankan hotspotcreator. krn klu hotspotcreator jalan sebelum salah satu atau kedua prosedur di atas dilakukan, maka akan muncul pesan error tsb.
Tambahan: walaupun dari produsennya telah menyebutkan bahwa hotspotcreator berjalan pada windows XP/Vista, tetapi pd kenyataannya hanya bisa berjalan pd windows 7 & 8.

Unknown mengatakan...

mantap bro..., terima kasih...

Unknown mengatakan...

@santi amrina:sama2 sista... semoga bermanfaat.

Sky Private mengatakan...

Disuruh pilih local internet connection?

shin mengatakan...

Bro,saya sudah instal..bgtu pilih network card kok cuma opsi "NONE" ?

Unknown mengatakan...

@Ray_BlackKnight: koneksi ke internet pakai modem atau apa bro?
@Shin: bisanya akan muncul opsi "NONE" jika tidak sedang terhubung ke internet saat menjalankan wifihotspotcreator. Jadi, hubungkan dl ke internet lalu jalankan aplikasi ini.

Anonim mengatakan...

kalau pakai modem kagak bisa yah?
udah di ikutin semua langkah2nya tapi gak ada pilihan network card nya
cuma ada none

Unknown mengatakan...

gan kalo udah di instal terus ga keluar aplikasi nya gimana ya tolong solusinya dong?

halley22 mengatakan...

kurang detail penjelasannya gan,intinya kalo itu pc/laptop ga ada Wireless Cardnya ga bakalan bisa,pasti nanti pilihan networknya " NONE ".
krna kalo ga ada itu hardware gmn cara utk bagi2in sinyalnya.itu aja gan. agan taunya cuma softwarenya , install n used. thats all. thx

Unknown mengatakan...

@Suci Rakhmadanti: Justru kami tes aplikasi ini menggunakan modem.
@Muhammad Zen: pakai windows apa gan?
@halley22: point ke-4 dari langkah-langkah pemasangannya telah disebutkan bahwa "Setelah instalasinya sempurna, nyalakan perangkat wifi...". mungkin teman2 tidak membacanya dengan seksama.

Unknown mengatakan...

Tetep NONE nih. gimana solusinya. semua persyaratan lengkap, laptop ane kehubung internet pake kabel. oy bantuannya

Unknown mengatakan...

Kenapa "Network Card" bisa tidak terdeteksi oleh WifiHotSpotCeator ya? Apakah teman2 belum menghubungkan PC/Laptop ke internet sebelum menjalankan WifiHotSpotCreator? Atau apakah driver wifi card sdh terinstall di PC teman2?
Atau jangan2 "Microsoft Virtual WiFi Miniport Adapter" tidak terdaftar di PC teman2...

Coba kita cek keberadaan "Microsoft Virtual WiFi Miniport Adapter" pd PC teman2 dgn cara sbb:

1. Klik menu start windows
2. Masuk ke control panel
3. Pilih "Network and Internet"
4. Kemudian pilih "Network and Sharing Center".
5. klik "Change adapter settings" pada bagian kiri-atas

Perhatikan, apakah "Wireless Network Connection" virtual dari Microsoft (Microsoft Virtual WiFi Miniport Adapter) tidak terdaftar? Jika tidak, maka WifiHostSpotCreator tdk akan berfungsi karena inilah yg dibutuhkan untuk menjadikan PC/Laptop sebagai wifi router virtual.

Agar "Microsoft Virtual WiFi Miniport Adapter" bisa terdaftar, jalankan langkah-langkah berikut:
1. Tekan tombol bendera+R, atau jalankan menu RUN pada windows.
2. Ketik "CMD" (tanpa tanda kutip)
3. Ketik "netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=NameofNetwork key=StrongPassword" (tanpa tanda kutip), lalu tekan tombol enter.

imels mengatakan...

buka menu run (as administrator) dan ketik "netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid= key="

Contoh : netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=mynet key=toraja123
lalu enter

perintah selanjutnya ketik :
netsh wlan start hostednetwork

dan wifi hotspot anda sudah aktif....silakan dicek wifinya di hp atau di perangkat lain...

note : untuk menjalankan menu run as administrator :
klik start menu....klik all programs... klik accessories... klik kanan di "command prompt" dan pilih "run as administrator"



Unknown mengatakan...

kalo menu wifi nya menggunakan wifi modem adsl yg pabrikan Jatah speedy gmna gan..mohon banget pencerahan nya gan..
urusan genting banget gan

Unknown mengatakan...

kalo pake laptop berhasil ..
rencana mau coba di PC ..
apa sembarang type/merk USB wireless / PCIe wireless bisa ??
kalo nggak, yg bisa merk apa, seri nya apa ??

Admin+ mengatakan...

nice info gan mksh sudah berbagi

test mengatakan...

mas mau nanya itu yang di gunakan untik tethering pake router wi-fi atau wi-fi usb biasa( wi-fi usb client)?

terima kasih

PRABU BATARA GURU mengatakan...

Terima kasih... Sudah dicoba dan sukses!

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

@imels: Thanks atas masukannya.
@Agustina Tina: klu modem adsl yg menggunakan pelempar wifi (router) tdk usah pake program ini krn sdh otomatis gan. program ini kita gunakan utk mendapatkan signal wifi dari modem yg tdk punya router.
@Nofrian Utama: sy blm sempat coba di PC gan. tp seharusnya semua merk USB wireless bisa digunakan.
@cahyo jm & PRABU BATARA GURU & Ikhsan udin: sama2 gan.
@bernard bear: yg digunakan adalah modem usb biasa yg tdk pake router. klu sdh ada routernya, kan otomatis dikenali sm client gan.

Unknown mengatakan...

gan...ane uda bisa make,tp tiba" mati gabsa dpake lg.pas liat ke miniport adapter ternyta udah kena silang merah lg gan...lah ane lakuin lagi cara ky diatas tuh,tp ttp ga ilang" jg tu tanda silang,kluar tulisan gini mulu nih "you must run this command from a command prompt with administrator privilage"....gmana ya gann?,mohon pencerahan gan..thx

ZAY mengatakan...

gan gimana kalau microsoft wireles adapternya sudah ready , tapi msh tetep "NONE" di wfihotspot creatornya , udah dishared dan udh disetting tetep aja kaga bisa ? minta solusinya dan pencerahanya gan :(
makasih :)

Unknown mengatakan...

Punya saya kok ga bisa iyah gan

Unknown mengatakan...

Ok gan, terimakasih. Finally success! d^^b *twothumbsup

Unknown mengatakan...

instalasi berhasil, sambungan/ koneksi internet ke laptop jg 'berhasil',
tapi sewaktu ada perangkat lain yang mw konek via wifi laptop kok tdak bs trhubung k inet yaa?? trims

Unknown mengatakan...

@zul zuly: coba beri hak administrator kpd aplikasi wifi hotspot creator.

@muhammad syahrizal: wireless adapter atau koneksi modem tdk usah di-share gan. wifi hotspotcreator akan melakukan SHARING secara otomatis ke "Microsoft Virtual WiFi Miniport Adapter".

@jay nis: tdk bisa konek dgn perangkat lain atau "Network Card: NONE"?

@Kiki Hikariyume: sama2 gan... semoga bermanfaat.

@paidjo oke: klu pake win XP coba repair, win 7 diagnose adapternya gan. klu tetap tdk bisa, coba restart pc/laptop.

Tambahan: kemarin sy pun mengalami hal yg sama, dimana "Network Card: NONE". Ternyata penyebabnya adalah driver android HTC yg sy pasang di laptop. Setelah sy lepaskan aplikasi & drivernya, masalah tsb teratasi. Agan2 coba cek satu per satu aplikasi/driver yg terpasang di laptopnya, mungkin sj ada aplikasi/driver tersebut bentrok dgn hotspot creater saat membaca network card.

riiky_ard mengatakan...

gan, ini kenapa muncul beginian yak? Check : http://imageshack.us/photo/my-images/689/5ber.jpg/

Unknown mengatakan...

kalo mnculnya gini gmn mas ' the aplication failed to initialize properly (0xc0000135).click on OK to terminate the application ' sya hbis instal ulang xp..

Unknown mengatakan...

@riiky_ard: agan sdh pasang Microsoft .NET Framework versi 4 atau blm? wifi hotspotcreator butuh program tsb.

@Ell Zmailee: semua aplikasi virtual wifi (mungkin ada yang terlewatkan) tidak bisa berjalan pada windows vista ke bawah gan, termasuk XP.

anjar mengatakan...

bingung gan ... ini maksudnya apaan ..
Tentukan WiFi Name (SSID), Password, Network Card (yang sekarang terhubung ke internet), dan Max. Guest (jumlah maksimal pemakai yang diperbolehkan untuk menggunakannya).
caranya ga ngerti ...

Unknown mengatakan...

@Atril Laxo: coba agan perhatikan gambar dari jendela utama WiFi HotSpot Creator. Disitu tertera "WiFi Name:", "Password:", "Network Card:", dan "Max Guests:". Semua variabel tsb kita isi sendiri. Misalkan kita isi "WiFi Name:" dengan nama "wifi_gratis", maka akan muncul hotspot "wifi_gratis" saat kita melakukan pencarian hotspot pada perangkat lain. Dan itu adalah hotspot yg telah kita buat dgn WiFi HotSpot Creator.

Unknown mengatakan...

Gan, ini ane udh konek inet lancar & sehat.. tp kok card networknya ttp none yah?
ane liat diatas sih katanya butuh "Microsoft Virtual WiFi Miniport Adapter" nah itu gak ada di PC ane gan, ane udh coba daftar lwt cmd dgn cara yg agan Irjan kasi diatas, tp gk bisa muncul tulisan "The Wireless AutoConfig Service (wlan svc) is not running"
ane make modem smartfren evdo rev a, udh coba restart & cara2 diatas ttp card networknya: none.

Unknown mengatakan...

setelah klik start muncul please choose a local conection, gimana itu mas? tolong solusinya

Unknown mengatakan...

Internet connect tapi error saat start wifi creator. "There was a problem starting the connection" muncul saat klik start. Mohon bantuanx. Padahal, berhasil sekali sblmx.

Unknown mengatakan...

bro, gw udh sukses nih daftarin microsoft virtual miniport adapternya pake command netsh wlan set bla bla bla itu..
tp kok pas ane ketik command "netsh wlan start bla bla" yg berikutnya & enter, muncul tulisan "the hosted network couldn't be started. the group or resource is not in the correct state to perform the requested operation." ntu knp ya?

ane udh cek network cardnya, msh none T_T

Unknown mengatakan...

Gan cuma bisa pake skali ,,, gimana nih kemarin lancar skarang jd gak bisa di start

Anonim mengatakan...

Ijin download dan coba gan :D

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah,, Gan...
Ane ikutin langkah2 penginstalan'y dr awal smpe akhir - restart laptop - nyalain modem - aktifn wifi - dan SUKSES...

Terima Kasih banyak..
NB:
WHC (WiFi Hotspot Creator) perlu update ga (sperti IDM) / pke versi baru??
-sdikit merepotkan soal'y klo pke update2 sgala,, hehehehehe-

Unknown mengatakan...

@fikriearief: silahkan disedot gan...

@Unknown: Alhamdulillah gan... thanks atas masukan inisialnya. sepertinya akan ada pembaharuan program WHC, krn sy melihat msh ada BUG. Misalnya, saat kita memutuskan koneksi dari perangkat lain, kemudian menghubungkannya kembali, maka akan muncul jendela "device exist", dll.

Untuk yg menanyakan masalah "Network Card: None" sy tdk usah sebut 1 per 1 namanya ya gan... terlalu banyak yg trouble-nya disitu.
Benar kata org bijak, di balik kesusahan selalu ada hikmah yg bisa kita ambil. Sy yg slalu heran dgn masalah yg menimpa teman2 yg lain, ternyata sy pun mengalaminya ketika OS Windows 7 sy ada sdikit masalah.
Dan ternyata masalah yg selama ini dikeluhkan oleh teman2 adalah hak administrator windows 7. WHC harus dijalankan sebagai "administrator".
Bagi yg sdh tahu memberikan hak administrator trhadap sebuah aplikasi, tdk perlu baca ini, langsung sj ke TKP!
Bagi yg belum tahu, ini langkah2nya:
1. klik kanan shortcut WHC, pilih "Properties"
2. klik menu-tab "Compatibility"
3. beri tanda centang "Run this program as an administrator" pada bagian bawah jendela, lalu klik tombol "OK".
4. jalankan program WHC, lalu klik combo-box "Network Card:"

Semoga berhasil!!!

Unknown mengatakan...

bisa gan irsyad dah muncul network card nya, tp kok pas distart muncul notif pop up bilang "there was problem starting the conncection" -_-

Unknown mengatakan...

waktu klik start keluar . "There was a problem starting the connection" napa yak gan?

Unknown mengatakan...

There was a problem starting the connection... gimana itu gan solusinya, saya pake Toshiba laptop, tertuliskan bahwa laptop nya mempunyai wifi tapi tidak terdaftar dalam "change adapter setting" solusinya gan :)

Unknown mengatakan...

misi min,kan td udh bisa instak trus succes,tp kok di hp ane buka playstore aja gabisa bisa?

RAS Shared mengatakan...

exellent....

Najib mengatakan...

kalo misalkan ada tulisan "there was a problem starting the connection" gan? padahal ane pake paket kuota ngacir

Unknown mengatakan...

agan gw udah berhasil nginstal dan jalan di nootbook tapi pas ane pake buat hanphone android ane kok ga bisa browsing padahal jaringannya sudah ketemu....

Unknown mengatakan...

muncul kata ini gan
"there was problem starting a connection"

masalahnya apa y?

Unknown mengatakan...

ini maksudnya gmn yah gw ga ngerti nih, harus ada tambahan kek usb wireless buat nerima sinyalnya ato gmn yah..

Unknown mengatakan...

gan sya error pas abis isi form google docs. katanya gini "ups, ada sesuatu yang tidak beres"
padahal sya udh ngisi semua data2nya dengan benar..

Unknown mengatakan...

thanks masbro..

Unknown mengatakan...

ga bisa network card nya "NONE" -_-
tolong beri penjelasan yang mudah di pahami
thnks

Rizky iriawan mengatakan...

gan kalo masalahnya pas mau di start trus keluar nya "there was a problem start the connection" mohon pencerahannya

Unknown mengatakan...

gan di windows xp gak bisa di instal

adi utomo nugroho mengatakan...

hape ane udah konek wifi nya dari laptop, tapi pas mau internetan dari hape nya malah "no connection" di hape nya. mau browsing, chating, dsb gak bisa. knapa ya?

Unknown mengatakan...

gan net card saya sudah terbaca evdo, tp maslahnya gak bisa waktu di start, saya cek wifi mini portnya dalam keadaan not connect/ ada tanda silang merah, gmntu gan solusinya? oya gan saya pake win 7 ultimate. mohon pencerahannya sesepuh

Unknown mengatakan...

udah bisa gan, hahahahahahahaha, thx bgt dah buat tread yg bermamfaat ini.

Unknown mengatakan...

gan,koq aq dah download tpi ga bisa ke buka??

Jakabg123 mengatakan...

gan ane pke win 7HP 64 bit, pas ane mau install kata.a gk bsa ya yg 64 bit mh.. :(

Unknown mengatakan...

Gimana nih gan, PC sudah terhubung ke internet, wireless sudah saya aktifkan, Microsoft virtual WiFi miniport adpter sudah terdaftar, WHC sudah saya run as an administrator...tapi tidak sama sekali muncul network cardnya walaupun PC saya sudah saya Restart.

Unknown mengatakan...

Mantep bro. Jos gandos markotos kotos.

c4nyboy mengatakan...

sinyal wifi dah terdeteksi cuma napa ya Obtaining IP Address terus, ga mau konek...mohon pencerahan

Unknown mengatakan...

mantafffff,tangkyu gan,nyolong 1 bagi2 sama kawan,heheehehe

Unknown mengatakan...

gan kenapa ya pas mau start terdapat tulisan starting aja gan

Unknown mengatakan...

trims artikelnya masbro....
kita coba dulu ya

Unknown mengatakan...

kalau bauat windows vista bisa gak gan??????

Fahri Farghiz mengatakan...

kok starting gak selesai-selesai ya....???? semua dah sesuai prosedur, tapi startingnya gak kelar-kelar,, pencerahannya gan

Unknown mengatakan...

gan kalo masalahnya pas mau di start trus keluar nya "there was a problem start the connection" mohon pencerahannya saya pake modem aha,,,trus network cardnya aha,,laptop acer 2920 itu yang bikin g bisa apa ya gan??mohon sangat di bantu

Unknown mengatakan...

gan kalo masalahnya pas mau di start trus keluar nya "there was a problem start the connection" mohon pencerahannya..pake modem aha trus network cardnya aha..acer 2920 mohon pencerahan solusinya gan..

khysnews mengatakan...

test.....
bisa terdeteksi di tablet android, tapi tidak bisa konek

Unknown mengatakan...

kok gak bisa padahal sudah keluar nama WIFI di hp tp ga nyala"

Unknown mengatakan...

thanks guys, its work.
usefull..;-)

https://www.inimanfaat.blogspot.com

Unknown mengatakan...

laptop ane win 7 ultimate, berhasil kok.
pertama install microsoft net framework lalu install wifi hotspot creatornya.

Nungky Amalia Imran mengatakan...

thanks gan, sukses bangeeet

Unknown mengatakan...

ko beda ya gan sma gmbar yg di atas itu progam nya -_-

Anonim mengatakan...

Thank banget infonya Mas Bro...
Sangat membantu....

Unknown mengatakan...

kok strating melulu ??? solusinya gmn???

Unknown mengatakan...

Maaf baru masuk lagi ke blog ini...

Bagi yang muncul peringatan "there was problem starting a connection" ataupun network card "None": tolong dipastikan bahwa instalasi windows 7/8 sdh sempurna. Termasuk driver wirelessnya. Sayapun pernah mengalami hal yang sama, tetapi kemudian berjalan normal setelah windows 7/8 diinstall ulang.

Yang menanyakan apakah bisa di windows Vista? jawabannya, TIDAK! Karena pada windows vista ke bawah, Microsoft belum menanamkan teknologi Virtual Wireless.

Yang sudah berhasil menjalankan WHC tetapi blm bisa terhubung ke gadget lainnya, seperti perangkat android: ON-OFF kan wifi pada gadget beberapa kali hingga bisa terhubung. Atau hapus nama hotspot yang telah dibuat (forget/lupakan), lalu coba konek ulang. Ingat, WHC akan menolak koneksi jika batasan koneksi yang kita tentukan lebih kecil daripada jumlah gadget yang meminta untuk terhubung!

Yang sudah terhubung ke WHC tetapi tidak ada respon ketika masuk ke playstore google: Biasanya playstore akan memperbaharui dirinya sendiri jika yg tertanam di android teman2 playstore yg sudah usang. Prosesnya berjalan di belakang layar (background process). Kalau pembaharuannya belum selesai, biasanya playstore tidak akan merespon permintaan dari user. Saran saya, perbaharui terlebih dahulu playstore lewat koneksi wifi yang sesungguhnya dan bandwidth-nya besar, seperti di cafe, kantor, dsb. Setelah itu, baru jalankan playstore via WHC.

Yang bermasalah dengan Windows 7 64-bit: terus terang saya belum pernah mencoba di platform 64-bit bro... mungkin ada di antara teman2 yg sdh pernah mencoba.

Unknown mengatakan...

pertama - tama dia udah mau gan tapi kok selang 5 jam gtu dibilang not internet access pada whcnya padahal dah saya ikutin kata - kata agan semua , tolong pencerahan gan thx,...

Frengky Ogut Prastyo mengatakan...

saya ada kendala saat starting om,. setelah menekan tombol start
lalu mendapatkn pesan sperti ini
"There was a problem starting the conection."
padahal koneksi internet sudah aktif
wifi pun sudah on
tkp menggunakan win7 ultimate 64 bit
mohon pencerahan'y om
trimakasih sebelum'y

Unknown mengatakan...

satu kata mantap Gan...
sayangnya saya masih memakai XP

Hudhaeby mengatakan...

Min kalau kita pakai koneksi LAN bukan Modem gimana caranya ?
mohon pencerahannya, soalnya gk ada penjelasan bagi yg menggunakan koneksi LAN

Unknown mengatakan...

@grat grit: coba cek koneksi internetnya gan, biasanya koneksi internet terputus klu gitu.
@frenk: sy blm prnh coba di win 7 64-bit gan. coba klik kanan program WHC, pilih "Properties" lalu klik menu-tab "Compatibility". coba beri centang "Run this program in compatibility mode for:", lalu liat apakah tersedia utk win 7 32-bit. klu misalnya ada pilihan itu, coba pilih, lalu tekan tombol OK.
@aan: segera upgrade ke win 7 gan... hehe
@Hudhaeby: ceritanya laptop agan terhubung ke internet via server menggunakan kabel LAN, lalu dr laptop mau dibagi ke laptop atau gadget lain ya?

Unknown mengatakan...

gan, laptop saya pake koneksi LAN. masalahnya pas mau klik start malah muncul "There was a problem starting the conection." itu masalahnya kenapa ya? thanks :)

Unknown mengatakan...

Gan, pertanyaan saya sama seperti mas Hudhaeby, kumaha nya?

Unknown mengatakan...

@Hudhaeby & Soni: Pastikan dulu bahwa PC terhubung ke jaringan LAN dgn benar, dan sudah konek ke internet, kemudian agan2 coba ikuti prosedur di atas. Untuk "Network Card:", pilih jaringan LAN yang terhubung ke internet tadi.
@Yolanda: Pastikan bahwa instalasi windows agan tidak ada masalah, biasa muncul pesan seperti itu jika instalasi / settingan windows "kacau".

Unknown mengatakan...

gan mau tanya,,begitu saya buka eror, sudah saya restart tetep aja ga bisa kebuka udah d hub ke internet,,katanya (to run this aplication, you first must install one the following versions of the . NET network: V.04
Contact your application publisher forinstruction about obtaining the approprite version of the , NET framework) itu gimana gan

Unknown mengatakan...

unblue speedupmypc 2013 untuk apa y gan..

Unknown mengatakan...

Mas ini bagaimana ya ? udah saya instal tapi suruh nginstal yang versi 4.0 tolong benahin !

Unknown mengatakan...

mantap mas.. berhasil 100%

Unknown mengatakan...

gan.. utk mengatasi BUG, misalnya, saat kita memutuskan koneksi dari perangkat lain, kemudian menghubungkannya kembali, maka akan muncul jendela "device exist" sdh ada solusi blm? trims

Januar Blog mengatakan...

bang di PC saya tidak terdaftar "Microsoft Virtual WiFi Miniport Adapter", nah trus saya ikutin langkah yg menggunakan CMD dan setelah dimasukan"netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=NameofNetwork key=StrongPassword" (tanpa tanda kutip) muncul tulisan di bawah comand td "The Wireless AutoConfig Service (wlansvc) is not running.
itu kenapa yah? apa ada yg harus saya download drivernya?
saya pake usb modem Wireles Terminal ZTE FFF1
tolong dibantu yah bang. terima kasih sebelumnya

Unknown mengatakan...

terima kasiiiiiiiih ;) #Irjan Mas'ud #imels
Mantab yang nulis blog ini..... jempo

Unknown mengatakan...

Trimakasih banyak atas petunjuknya dan saya sudah berhasil mengaktifkan wifi di laptop..nah yang jadi pertanyaan ketika saya mencoba konek pake hp ko selalu muncul masalah otentikasi ya?kira2 sebabnya apa dan bagaimana mengatasinya, padahal hp saya bisa membaca SSID nya tp tidak bisa konek..mohon bantuannya ya..trimakasih sebelumnya

yuri mengatakan...

pc harus kepasang Wireless Card dulu ya? yg ky begini bentuknya? http://www.outletpc.com/yb8513-rosewill-pci-express-x1-wireless-n-network-card.html

Unknown mengatakan...

@Anysari Azhar & Iqbal Bondan: kan sdh disebutkan di atas bhw software yg dibutuhkan agar WHC bisa dijalankan, salah satunya adalah "Microsoft .NET Framework 4". Install terlebih dahulu .NET Framework 4 atau versi yg lebih tinggi sebelum mengeksekusi WHC.

@Arif Winardi: Itu software yg diikutkan dlm instalasi WHC, tidak akan mempengaruhi jika tidak dipasang... abaikan saja gan.

@Martin Silaban: syukurlah kalau berhasil gan...

@kang fahmy: sepertinya blm ada perbaikan kang.

@Januar Blog: Jalankan menu "Run...", ketik "services.msc" (tanpa tanda kutip). Cari service windows yang bernama "WLAN AutoConfig". Jika sdh ditemukan, perhatikan "Statusnya", apakah aktif (started)? atau non-aktif? Jika non-aktif, klik kanan service tsb lalu pilih menu "Start"

@Jak Duls: sama2 gan...

@agnes sihotang: dari hp, coba hapus SSID yg telah agan buat, lalu coba sambungkan kembali. klu blm berhasil, coba reboot hp, klu perlu reboot hp & PC-nya. biasanya koneksi akan normal setelah itu.

@yuri: benar skali gan! bisa jg agan menggunakan USB Wireless, bentuknya mirip2 modem gitu gan.

Posting Komentar

Advertisement

Blog Lists