PostHeaderIcon Mengatasi Pesan Kesalahan: Nautilus Cannot Handle "Computer" Location pada Ubuntu

Beberapa waktu yang lalu saya hampir dibuat "menyerah" oleh pesan kesalahan Nautilus Cannot Handle "Computer" Location pada ubuntu. Karena saya masih sangat awam dengan sistem operasi Linux yang jumlah variannya tidak sedikit, akhirnya saya install ulang ubuntu 10.10 mulai dari awal.
Tetapi tidak lama kemudian, pesan tersebut muncul kembali! Saya merasa seperti berada di dalam hutan yang gelap, tidak tahu mau berbuat apa dengan Linux (Ubuntu) yang memang betul-betul sangat asing bagi saya... hehehe.

Memang ada beberapa library yang saya tambahkan ke dalamnya, karena program billing internet yang ingin saya coba, mengharuskan untuk menambahkan library-library tersebut. Mungkin karena ada pengaturan yang telah saya ubah, dimana saya sendiri tidak tahu-menahu tentang hal itu... #newbie!

Karena bosan dengan pesan tersebut, akhirnya saya googling beberapa kali. Tetapi baru kali ini (tanggal 2 Desember 2011) saya temukan solusinya di blog John Bernard Abella.

Solusinya:
1. Masuk ke terminal dengan menekan tombol Ctrl+Alt+T
2. Ubah nama folder lama /usr/local menjadi /usr/local.old dengan perintah:
sudo mv /usr/local  /usr/local.old
3. Buat folder baru, dengan perintah:
sudo mkdir  /usr/local
4. Restart komputer


Semoga bermanfaat!

0  :

Posting Komentar

Advertisement

Blog Lists