PostHeaderIcon Bagaimana Cara Mengubah Path Folder "Documents" Standar Windows ke Folder Lain

Sistem Operasi Windows XP pada instalasi standarnya akan membuat folder yang bernama My Documents (Documents: pada Windows 7 & Vista) pada drive yang sama dimana windows diinstal. Dan semua file yang disimpan oleh program bawaan Microsoft dan (hampir semua) program-program dari pihak ketiga akan diarahkan kesana. Dengan mengubah path (jejak lokasi) My Documents /  Documents, maka standar alamat penyimpanan data pada sistem operasi windows akan berubah pula ke path yang baru.

Sebaiknya path dari folder My Documents / Documents tidak ditempatkan pada drive yang sama dengan drive instalasi windows!
Sebelum membahas bagaimana cara memindahkan path My Documents / Documents, mari kita lihat keuntungan apa yang dapat diambil dengan memindahkan standar lokasi penyimpanan windows tersebut ke tempat lain.

Ada 3 (tiga) alasan utama sehingga kita perlu untuk memindahkannya;
  1. Jika sewaktu-waktu sistem operasi windows sudah tidak bisa lagi diakses atau diselamatkan kecuali dengan cara memformat ulang partisi sistemnya, maka semua data akan hilang karena berada pada drive yang sama dengan drive instalasi windows. Walaupun mungkin masih bisa dikembalikan dengan menggunakan program recovery tertentu, tetapi kemungkinannya sangatlah kecil! Jadi sebaiknya buatlah folder baru pada drive lain sebagai tempat penyimpanan data.
  2. Yang paling sering mengalami perubahan adalah data itu sendiri. Dan sudah pasti kita akan melakukan penambahan dan pengurangan terhadapnya. Penambahan dan pengurangan data itulah yang menjadi penyebab terbesar terjadinya fragmentasi pada hard drive yang akan menurunkan kinerja sistem operasi windows secara keseluruhan.
  3. Data relatif mengalami pembengkakan dengan penambahan data baru. Semakin banyak data pada drive yang ditempati oleh sistem operasi, maka akan semakin sulit pula sistem operasi untuk bergerak bebas karena ruang kosong pada hard disk semakin berkurang. Walaupun alokasi partisi sengaja diperbesar untuk kepentingan tersebut, tetapi perlu diingat bahwa semakin luas partisi, maka akan semakin lama HEAD hard disk melakukan pembacaan terhadap sektor-sektornya.
Sekarang mari kita ubah path My Documents / Documents standar windows ke folder dan drive lain!

Windows XP & Vista:
  • Klik menu Start windows, lalu klik kanan My Documents / Documents. Pilih PropertiesCatatan: Jika menggunakan menu Classic, klik kanan icon My Documents pada desktop lalu pilih Properties.
  • Setelah muncul properti My Documents, klik tombol "Move" untuk memindahkannya ke folder lain.
Properti My Documents pada Windows XP
Properti Documents pada Windows Vista
  • Seperti pada gambar berikut, folder My Documents diarahkan ke drive D:, lalu dibuat sebuah folder baru bernama My New Documents dengan menekan tombol "Make New Folder". Tetapi jika sudah ada folder penyimpanan data anda sebelumnya, silahkan arahkan kesana.

Windows 7:
Ada sedikit perbedaan dengan Windows XP & Vista, pada Windows 7 sudah tidak ada lagi pilihan untuk mengarahkan path standar Documents windows ke folder lain pada pilihan Properties. Agar bisa mengubahnya;
  • Klik menu Start windows lalu pilih User Profile yang sedang aktif. Pada gambar di bawah ini, user profile-nya adalah Setiawan Baco. Sebagai contoh, kalau pada PC / Laptop anda ada user profile bernama Ahmad, maka klik-lah user profile Ahmad.
  • Setelah itu akan muncul jendela user profile. Cari folder Documents, klik kanan lalu pilih Properties. Arahkan pada menu-tab Location, lalu klik tombol "Move" untuk memindahkannya ke folder lain, atau bisa diketik secara langsung path folder pada bagian penginputan lokasinya.
*****************************************************************************************************
Bagi anda yang sudah menginstal ulang sistem operasi windows-nya, jangan panik ketika data anda tidak muncul pada folder My Documents / Documents, karena data tersebut sebenarnya masih ada jika anda sudah pernah melakukan cara-cara di atas. Arahkan path folder My Documents / Documents ke folder penyimpanan data anda sebelumnya dengan mengikuti langkah-langkah di atas, dan data anda akan kelihatan kembali.

Semoga bermanfaat!

0  :

Posting Komentar

Advertisement

Blog Lists