PostHeaderIcon 7 (Tujuh) Program Cleaner Gratis untuk Windows Registry

Windows registry adalah file-file yang berisi keterangan/catatan dari semua file yang pernah diakses oleh sistem operasi windows dan aplikasi-aplikasi yang terpasang di dalamnya, baik berupa file-file dari driver-driver yang terpasang di dalam sistem operasi, program, file data, bahkan file-file temporary, tercatat di dalam windows registry. Program atau data yang telah dihapus tidak akan "lenyap" secara sempurna dari catatan windows, paling tidak menyisakan "lubang" di dalamnya yang biasa kita sebut dengan fragmentasi.

Windows akan membaca semua catatan tentang file yang tersimpan dalam registry-nya, baik berupa file yang masih ada, maupun file yang telah hilang atau dihapus. Dan, catatan-catatan "sampah" tersebut tidak akan hilang jika tidak dibersihkan.

Bisa dibayangkan betapa "sia-sianya" windows bekerja jika harus membaca kembali catatan-catatan yang sudah tidak valid lagi. Banyaknya catatan sampah tersebut akan menjadikan ukuran file registry lebih "gemuk", yang sekaligus akan berpengaruh terhadap membengkaknya pemakain RAM. Serta waktu yang diperlukan untuk membaca semua catatan tersebut akan bertambah dari waktu pembacaan yang sebenarnya. Dan tentu saja hal tersebut akan mengakibatkan penurunan kinerja windows itu sendiri.

Untuk mencegah hal tersebut, bersihkanlah sampah-sampah yang ada di dalamnya agar windows tidak lagi membacanya untuk selamanya, sekaligus kita bisa menghemat pemakaian RAM!

Berikut ini ada 7 (tujuh) program registry cleaner yang dapat membantu meminimalisir pembacaan sia-sia tersebut, dan dapat dipergunakan secara bebas, alias graaatiiisss!!!


1. AML Free Registry Cleaner 4.23

*file size: 2.72 MB



2. Auslogics Registry Cleaner 2.2.0.0

*file size: 4.92 MB



3. CCleaner versi 3.13

Download CCleaner 3.13
*file size: 3,4 MB (versi 3.13)



4. Eusing Free Registry Cleaner 2.8

*file size: 954.43 KB



5. Little Registry Cleaner 1.5.1

*file size: 3.46 MB (versi 1.5.1)
requirement: Microsoft .NET Framework 3.5 or above



6. TweakNow RegCleaner 6.4.5

*file size: 6,0 MB



7. Wise Registry Cleaner 6.15

*file size: 2,2 MB


Silahkan eksplorasi program-program di atas, sebab ada beberapa program yang menawarkan lebih dari sekadar cleaning windows registry, seperti Disk Cleaner, Startup Manager, Uninstall Manager, dan Windows Optimizing, yang biasanya hanya terdapat pada program-program berbayar!

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari pembersihan registry windows,  lanjutkanlah dengan mendefragmentasinya menggunakan program windows registry defragmenter!


PostHeaderIcon  Baca juga: 7 (Tujuh) Defragmenter Gratis untuk Windows Registry.



Semoga bermanfaat!

0  :

Posting Komentar

Advertisement

Blog Lists