PostHeaderIcon Quick Launch pada Windows 7

Saya termasuk orang yang tidak terlalu memperdulikan "Tampilan Windows", bahkan animasi-animasi yang ditampilkan oleh Windows pun saya nonaktifkan untuk mendapatkan "kecepatan" akses walaupun hanya dalam hitungan se-per-sekian detik.

Menu yang saya pilih dalam windows pun adalah menu klasik. Alasannya, tampilannya lebih simpel, serta saya tidak mau diganggu oleh kemunculan pilahan lain yang tidak saya kehendaki saat pointer mouse menyentuh sedikit saja area lain dari menu standar Windows XP & Vista.
Karena alasan "simpel" itu pula, saya lebih menyukai mengakses menu program dari Quick Launch. Banyak shortcut program yang kemudian saya pindahkan ke Quick Launch untuk membersihkan tampilan desktop dari "sampah" icon yang berserakan.

Ada sedikit "kejanggalan" ketika pertama kali saya mencoba Windows 7, disitu tidak ada lagi saya jumpai "Quick Launch"! Tetapi saat itu saya belum berpikir bahwa Windows 7 diluncurkan tidak disertai fasilitas standar "Quick Launch".  Hal tersebut baru saya sadari saat mencoba mengutak-atik laptop seorang sahabat yang menggunakan OS Windows 7. Saya sudah melakukan "Pin" dan "UnPin" berulang kali, tetapi hasilnya tetap nihil.
Saya diamkan "persoalan" tersebut beberapa hari. Hingga akhirnya tanpa diminta, seorang teman mengirimi saya tulisan tentang hal tersebut. Ahhh... lega sudah perasaan saya!!! Dan saya ingin membagikan cara ini kepada teman-teman yang menginginkan hal yang sama.

Caranya sebagai berikut:

1. Unpin semua program default dari taskbar.

2. Buka kunci taskbar dengan mengklik kanan taskbar and pilihlah “Lock the taskbar“ untuk menghilangkan tanda centangnya.

3. Klik kanan Taskbar, arahkan ke Toolbars, pilih New toolbar…

4. Tekan Alt+D secara simultan and ketik path di bawah ini lalu tekan enter.

%userprofile%\AppData\Roaming\Microsoft\Internet Explorer\

5. Gunakan mouse untuk memilih folder Quick Launch yang ditampilkan dalam windows, lalu klik tombol "Select Folder".

6. Akan terlihat kata Quick Launch pada sisi kanan taskbar. Klik kanan di atasnya, arahkan ke View lalu pilih Large Icons. Kemudian klik kanan lagi pada kata Quick Launch dan lepaskan tanda centang "Show Text" dan "Show title" dengan cara mengklik tanda tersebut satu per satu.

7. Arahkan pointer mouse seperti pada gambar di bawah ini:
Klik kiri (jangan dilepas), seret ke kanan hingga batas akhir toolbar Quick Launch, seret kembali ke kiri.

8. Klik kanan pada taskbar dan pilih kembali "Lock the taskbar".

Sekarang toolbar quick launch di Windows 7 sudah sama seperti pada Windows XP.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

0  :

Posting Komentar

Advertisement

Blog Lists